Senjata Telkom Digitalisasi Industri Penyiaran

Hal ini ditunjukkan dalam Sharing Session Media yang digelar di salah satu kafe di daerah Jakarta Selatan tanggal 24 Mei 2017 dimana sejumlah solusi dijanjikan dapat mendukung kemajuan sektor media broadcast menuju arah digitalisasi. Acara ini dihadiri oleh tim media dan televisi nasional diantaranya Transgroup (TransTV, Trans7, Transvision), Kompas, ANTV, serta Perum Film Negara (PFN).

Executive Vice President Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana menjelaskan seiring dengan semakin maraknya bertumbuh pasar dan bisnis iklan serta konten di media televisi, tentunya dibutuhkan dukungan data analytic dan content delivery network yang handal.

“Untuk data analytic, Telkom menawarkan solusi media rating “Unics”, produk jebolan program “Amoeba”, suatu program yang didesain untuk menghasilkan solusi dan start up baru di Telkom. Sedangkan untuk content delivery network, Telkom menawarkan solusi CDN (Content Delivery Network) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin),” paparnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/5).
Solusi media rating “Unics” merupakan tools pengukuran kepemirsaan televisi yang dapat memberikan informasi tentang total views, rating dan share suatu program atau channel televisi sehingga dapat digunakan untuk menganalisa atau menentukan top program, top channel, peak hour, pre buy dan post buy iklanTV, atau bahkan menganalisa program TV yang sedang disukai.

Dengan menggunakan data UseeTV, data analisa diambil secara akurat, aktual dan real time dari 1 juta pelanggan, di 300 kota dari 34 propinsi di Indonesia.
Sementara solusi Content Delivery Network (CDN) merupakan solusi efektif yang menjadi tren untuk menanggulangi peak time. Sejumlah server yang tersebar secara geografis berfungsi untuk meneruskan konten kepada pengguna. Prinsipnya adalah memberikan informasi lebih dekat dengan pengguna sehingga informasi yang diterima menjadi lebih cepat.
Server CDN akan mendistribusikan konten tersebut berdasarkan lokasi terdekat pengguna dan menyimpan konten/informasi dari server utama sehingga siap untuk diberikan kepada pengguna tanpa perlu mengambil konten kembali dari server utama.

General Manager Media and Communication Segment Divisi Enterprise Service Telkom Irena Santi Widjaya mengatakan bahwa jaringan infrastruktur Telin didukung kuat oleh Telkom dengan kapabilitas jangkauan global serta layanan support 24 jam.

“Telkom siap mensolusikan tantangan di sektor media broadcast yang tercermin dari tiga hal yaitu Reliability, Availability dan Performance,” ujar tegas Siti Choiriana.